Apa itu RDP, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Apa itu RDP,  Fungsi dan Cara Menggunakannya
Ingin Upload dan Download kencang? ingin meningkatkan kecepatan koneksi internet? Sebenarnya ada cara yang mudah untuk melakukannya, yaitu menggunakan RDP atau remote desktop protocol.
Namun, apa itu remote desktop protocol? Kali ini kita akan mengenal apa itu RDP, mempelajari pengertiannya, fungsinya, serta cara menggunakannya di komputer.

Apa Itu RDP?

RDP adalah protokol yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan yang lain secara remote. Artinya, protokol ini memungkinkan Anda untuk mengakses komputer lain dan bertransfer data dari jarak jauh.
Namun, penggunaannya tidak terbatas antara perangkat komputer pribadi saja. Protokol ini juga dapat digunakan agar PC Anda dapat terkoneksi dengan desktop virtual dan server RDP itu sendiri. 

Fungsi RDP

Pada dasarnya, fungsi RDP adalah menyediakan akses remote melalui port TCP 3389.
Saat Anda menggunakan sebuah client atau aplikasi RDP, data yang akan dikirimkan ke komputer lain dimasukkan ke dalam kanal remote desktop protocol. 
Di sini, sistem operasi komputer yang Anda gunakan mengenkripsi data tersebut sebelum akhirnya ditransmisikan melalui port TCP.
RDP sendiri dikelola oleh driver bernama terminal server device redirector. Driver ini terdiri dari beberapa komponen. Di antaranya Wdtshare.sys yang menangani enkripsi dan kompresi, serta Tdtcp.sys yang bertugas untuk memastikan remote desktop protocol dapat melalui TCP/IP.

Manfaat RDP

Mengapa Anda perlu menggunakan RDP? Bukankah ada jenis protokol remote desktop lain seperti FTP?
Setidaknya ada tiga manfaat yang membuat protokol ini lebih unggul dari jenis remote desktop lainnya, yaitu:

Memberikan Koneksi Internet Super Cepat

RDP dapat memfasilitasi Anda dengan koneksi internet super cepat. Dengan protokol ini, kecepatan internet yang Anda gunakan dapat mencapai 1.000 Mbps.
Tentunya ini akan sangat berguna apabila Anda sering mengunggah atau mengunduh data berukuran besar.

Memfasilitasi Aplikasi yang Harus Berjalan 24/7

Manfaat remote desktop protocol yang kedua adalah menjalankan bot atau aplikasi yang harus selalu berjalan. 
Koneksi protokol ini tidak akan terputus meskipun komputer Anda dimatikan. Selain itu, proses yang dilakukan di server RDP akan terus berjalan.
Dengan demikian, Anda tetap dapat membiarkan bot atau aplikasi menyala asal prosesnya tidak melampaui bandwidth server.

Server RDP dapat Dimodifikasi sesuai Keinginan

Tentunya Anda sudah tahu bahwa remote desktop protocol dapat digunakan hanya jika Anda memiliki server untuk menunjangnya.

Cara Mengaktifkan Dukungan RDP di Windows 10

RDP didukung di semua sistem operasi. Namun, di artikel ini kami akan menjelaskan penggunaannya di Windows 10. Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat menggunakan protokol ini di Windows edisi Pro dan Enterprise saja.
Untuk dapat menggunakan protokol ini, Anda perlu mengaktifkan pengaturannya terlebih dahulu. Pertama, klik Settings di menu Start dan pilih opsi System.

Kedua, klik Remote Desktop yang ada pada baris menu di sebelah kiri layar.

Ketiga, klik slider Enable Remote Desktop untuk menyalakan dukungan koneksi remote desktop bagi komputer Anda.

Setelah di-klik, akan muncul pertanyaan konfirmasi seperti di bawah ini. Klik Confirm untuk meneruskan.

Dengan ini, komputer Anda sudah siap untuk menggunakan RDP. Akan tetapi, ada cara lain untuk menyalakan pengaturan tadi, yaitu melalui Advanced System Settings di Control Panel.
Agar mudah, ketikkan saja nama pengaturan tersebut pada menu search di samping tombol Start.

Setelah window pengaturannya terbuka, klik tab Remote dan centang checkbox Allow remote connections to this computer. Jika sudah, klik OK.

Sebelum mempraktikkan langkah-langkah pada bagian selanjutnya dari artikel ini, pastikan bahwa Anda sudah memiliki server RDP. Jangan lupa juga untuk mengkonfigurasikannya agar dapat menerima koneksi dari komputer Anda terlebih dahulu.

Cara Menggunakan RDP di Windows 10

Sekarang, Anda tinggal menggunakan client RDP. Untungnya, Windows memilikinya sebagai aplikasi bawaan. Klik menu search lagi dan ketikkan Remote Desktop Connection.
Setelah window-nya terbuka, masukkan nama atau IP address server RDP dan username komputer Anda. Lalu, klik Connect untuk menghubungkan komputer dengan server RDP.

Mudah bukan?

Article Categories:
Apa itu RDP · Apa itu VPS · RDP Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Don't Miss! random posts ..